Wednesday, March 12, 2008

Susu Cair Lebih Aman Untuk Anak-anak

Temuan ilmiah oleh peneliti Institute Pertanian Bogor (IPB) terhadap 74 sampel susu formula, 13,5 persen di antaranya mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii tidak terlalu mengejutkan.

Karena, United States Food and Drug Administration (USFDA) telah melansir sebuah penelitian prevalensi kontaminasi susu di sebuah negara terhadap 141 susu bubuk formula. Hasilnya didapatkan 20 atau 14 persen positif tercemar bakteri membahayakan yang mampu menyerang selaput otak anak tersebut.

Demikian disampaikan oleh Dr Widodo Judarwanto SpA dari Klinik Alergi Anak Rumah Sakit Bunda Jakarta, kepada okezone, di Jakarta, Selasa (4/3/2008).

Dari berbagai penelitian dan pengalaman di beberapa negara, kata Widodo, sebenarnya World Health Organization (WHO), USFDA, dan beberapa negara maju lainnya telah menetapkan bahwa susu bubuk formula bayi bukanlah produk komersial yang steril.

"Sedangkan susu formula cair yang siap saji, dianggap sebagai produk komersial steril karena dengan proses pemanasan yang cukup," ujarnya.

Sehingga di bagian perawatan bayi Neonatal Intensive Care Unit (NICU), USFDA menggunakan perubahan rekomendasi dengan pemberian susu bayi formula cair siap saji untuk penderita bayi prematur yang rentan terjadi infeksi bakteri itu.

"Sayangnya di Indonesia produk susu tersebut belum banyak, karena harganya relatif mahal," katanya. (rhs/okezone.com)

0 komentar:

Latest Internet Resources
Updated daily
Brought to you by: resource-a-day.net

Contact me at : djoen_juvenet@yahoo.com

Template by - Abdul Munir - 2008 - Thanks to Anbhar for your Image